X
    Categories: Artikel PilihanTips & Trik

Cara Backup Dan Restore Kontak (Nomor Telepon) di Android

Sobat, walaupun backup kontak nomor telepon di Android bukan hal yang wajib dilakukan namun hal ini sangat dianjurkan sekali apabila sobat Pusat Teknologi ingin mengganti smartphone atau ponsel Android yang baru. Ada banyak cara membackup kontak di Android, salah satunya menggunakan fitur account sync dengan akun Google sobat. Untuk melakukannya sobat dapat memilih Akun dan sink. pada menu Pengaturan ponsel HH Android sobat.

Selain menggunakan sinkronisasi menggunakan akun Google, sobat dapat melakukan backup kontak phonebook secara manual. Caranya pun cukup mudah dan tidak memerlukan koneksi internet. Berikut cara mudah membackup kontak phonebook pada ponsel Android:

  1. Buka kontak phonebook sobat.
  2. Tekan tombol menu
  3. Pilih Impor/Ekspor
  4. Kemudian pilih Ekspor ke kartu SD
  5. Jika ada pesan konfirmasi silahkan pilih Ya.
  6. Tunggu sebentar.
  7. Selesai

Setelah proses backup kontak phonebook selesai, file backup akan tersimpan pada kartu SD Card sobat dengan akhiran ekstension *.vcf. Untuk melakukan restore kontak phonebook, sobat tinggal mengirimkan saja file backup *.vcf tadi ke ponsel Android yang baru. Selanjutnya mengikuti cara dan langkah berikut untuk restore kontak phonebook:

  1. Buka kontak phonebook sobat.
  2. Tekan tombol menu
  3. Pilih Impor/Ekspor
  4. Kemudian pilih Impor dari kartu SD
  5. Selanjutnya sobat akan akan diberi pilihan untuk tempat penyimpanankontak phonebook. Pilih Telepon.
  6. Ponsel HH Android sobat akan mencari file VCard yang ada pada SD Card sobat
  7. Selanjutnya pilih Impor file vCard.
  8. Pilih file backup kontak phonebook yang sesuai
  9. Ikuti petunjuk hingga proses selesai

Nah itu tadi cara backup dan restore kontak phonebook pada ponsel Android. Cara tersebut dapat sobat praktekkan sendiri menggunakan ponsel Android yang sobat miliki. Selamat mencoba!

View Comments