X
    Categories: Internet & Social Media

Browser Spartan Pengganti Internet Explorer di Windows 10

Selama ini Internet Explorer merupakan browser yang disematkan oleh Microsoft setiap kali Windows merilis seri terbaru seperti misal Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1. Mungkin hal itu tidak akan terjadi lagi pada pembaruan seri windows terbaru yaitu Windows 10. Internet Explorer mulai disematkan dan dikenalkan pada tahun 1995 setiap versi terbaru Windows kehadirannya selalu mengiringi browser default Windows. Pada versi Internet Explorer 11 menurut rumor akan menjadi versi terakhir Internet Explorer.

Kehadiran Windows 10 memang banyak diperbincangkan, begitu pula yang diinformasikan bahwa Microsoft tidak akan merilis browser internet Explorer untuk Windows 10 tersebut.

Hal ini bisa jadi menandai akan berakhirnya era Internet Explorer. Karena menurut kabar internet Explorer tidak akan disematkan pada Windows 10. Kabarnya Microsoft akan mempersiapkan sebuah browser baru yang diklaim lebih ringan dan lebih flexibel dibandingkaan dengan internet Explorer. Browser baru yang dipersiapkan microsoft yang dibenamkan bersama windows 10 ini diberi nama Spartan. ZDnet, memberikan informasi bahwa Browser Spartan berbeda dengan Internet Explorer karena Spartan menggunakan mesin Chakra Javascript Microsoft dan Mesin rendering Trident dalam pengembangannya.

Browser Spartan akan mendukung versi desktop dan mobile. Spartan juga akan mendukung “Extension” atau “Add on” sebagai pengaya browser layaknya di browser lain seperti Firefox atau google chrome. Sehingga para developer lebih udah untuk mengembangkan fitur baru untuk Spartan
Kehadiran browser baru dari microsoft yaitu “Spartan” tentu menjadi menarik untuk dinanti. Mampukah Spartan menarik hati para pengguna internet untuk berselancar di dunia maya. Selain itu, akankah Spartan juga akan menjadi saingan berat Mozilla Firefox dan Google Chrome?

Mary Jo-Foley Microsoft kemungkinan akan memamerkan Spartan pada tanggal 21 Januari 2015 bersamaan dengan kemunculan Windows 10.

View Comments