X
    Categories: Artikel PilihanGadget & MobileTips & Trik

Cara Mengatasi Sony Xperia Android Lemot

Cara Mengatasi Sony Xperia Android Lemot.

Ponsel pintar yang lazim disebut ‘smartphone’ memiliki cara kerja yang hampir sama dengan sebuah komputer atau laptop yang sekarang ini, ponsel pintar membutuhkan sebuah prosesor, RAM, memori, GPU, sistem operasi dan lain sebagainya. Untuk mengetahui tentang komponen smartphone baik yang android atau bukan silahkan baca pada artikel ‘ komponen smartphone ‘ selanjutnya silahkan baca lagi posting ini.

Istilah hp lemot bukan hanya diderita oleh Sony Xperia, ini juga dialami sebagaian besar smartphone yang beredar dipasaran, misalnya saja Blackberry, Samsung, Smartfren, dll.

Kunci mengatasi hp lemot ialah ‘ anda sendiri ‘ dalam cara pemakaian, maksudnya jangan memberikan beban melebihi kemampuan (spesifikasi) ponsel itu sendiri, haruslah sebanding atau kurang dari.

Terlepas dari cara pemakaian yang bijak, berikut ini adalah beberapa tips untuk mengatasi Sony Xperia yang lemot.

Langkah 1

  1. Sony Xperia yang baru beli, pasti terdapat aplikasi bawaan, lihat aplikasi tersebut jika tidak membutuhkan dan bukan aplikasi vital (penting) silahkan disable aplikasi tersebut melalui setting (pengaturan) aplikasi, hal ini akan mengurangi beban data pada internal memori (data storage).
  2. Jika beli bekas, sebaiknya di soft reset atau hard reset, supaya ponsel sony anda kembali pada pengaturan awal. Namun anda wajib membackup semua data kontak dan data penting lainnya dulu dalam memori external dan lepas memori tersebut sebelum di reset.
  3. Jika aplikasi tidak memungkinkan di disable melalui pengaturan aplikasi sebaiknya aplikasi dipindahkan ke memori external / micro SD.

Langkah ke 2

  1. Install aplikasi yang penting-penting saja, selebihnya tidak perlu, semakin banyak aplikasi yang terinstall semakin banyak beban pada ponsel Sony Xperia anda, sesuaikan dengan kemampuan ponsel anda.
  2. Hindari menggunakan ponsel secara multitasking / menjalankan aplikasi secara bersamaan, jika hendak membuka aplikasi yang lain hendaknya aplikasi sebelumnya ditutup dahulu supaya tidak bekerja pada background process.
  3. Biasakan clear log histori, cache dan cookie setelah anda browsing internet, browser -> pengaturan -> hapus cache, hapus histori, hapus cookie.
  4. Install aplikasi Clean Master yang bisa diunduh melalui google play store, aplikasi ini sangat efektif untuk membersihkan berkas-berkas sampah (junk files) dan mengoptimalkan memori RAM ponsel anda.

Jika beberapa hal tersebut sudah anda lakukan secara kontinu, namun Sony Xperia masih tampak lemot, hal ini mengindikasikan bahwa terjadi penurunan performa dari hardware ponsel anda, bisa jadi karena sudah termakan waktu.