Cara Menghemat Baterai Samsung Galaxy Android


Cara menghemat baterai Samsung Galaxy AndroidSudah bukan rahasia umum lagi bahwa borosnya baterai merupakan salah kelemahan terbesar bagi semua smartphone Android termasuk Samsung Galaxy Mini, Samsung Galaxy Young, Ace, atau tipe smartphone sejenis lainnya. Banyaknya fitur canggih yang disematkan seperti GPS, Wi-Fi, Bluetooth, dan Wallpaper membuat ponsel canggih ini menghabiskan banyak daya.

Tak heran baterai akan habis dua sampai empat kali dalam sehari jika dipergunakan untuk berinternet ria dan bermain game secara terus menerus. Konsumsi baterai sebagian besar terpakai untuk pencahayaan / kontas layar, GPS, koneksi internet, atau aplikasi yang berjalan secara otomatis pada ponsel Android.

Nah, biar baterai pada Samsung Galaxy sobat menjadi hemat dan awet, sobat Pusat Teknologi dapat mengikuti tips dan langkah menghemat baterai berikut:

  1. Gunakan akses paket data, GPS, Wi-Fi, dan Bluetooth seperlunya saja.
    Penggunaan akses paket data, GPS, Wi-Fi maupun Bluetooth secara bersamaan akan menyedot pemakaian daya baterai yang lebih besar.
  2. Matikan fasilitas Auto Sync.
    Fasilitas Auto Sync ini mengijinkan ponsel untuk melakukan sinkronisasi data dengan akun-akun yang telah ditambahkan di saat koneksi internet tersedia. Untuk menonaktifkan auto sync gunakan Menu > Pengaturan > Akun dan sink. Hilangkan kedua centang pada bagian Data Latar Belakang dan Sink otmatis.
  3. Matikan fasilitas GPS.
    Fasilitas GPS ini memungkinkan satelit untuk mengetahui posisi ponsel Android berada. Untuk menonaktifkan GPS gunakan Menu > Pengaturan > Lokasi dan Pengamanan. Hilangkan centang pada bagian Gunakan satelit GPS.
  4. Kurangi Screen Brightness pada ponsel Androidmu.
    Screen Brightness yang terlalu terang akan menyebabkan konsumsi baterai semakin boros. Oleh karena itu atur screen brightness Android menjadi agak lebih redup. Gunakan Menu > Pengaturan > Tampilan > Pencerahan. Jangan lupa matikan juga fitur Layar putar otomatis dengan cara menghilangkan centang pada sub menu tersebut.
  5. Gunakan Wallpaper statis.
    Wallpaper animasi atau Livewallpaper akan memperberat kinerja prosesor pada ponsel Android. Oleh karena itu, gunakan wallpaper static biasa yang tidak bergerak sehingga konsumsi baterai akan lebih hemat.
  6. Atur ulang volume suara ponsel Android.
    Volume suara juga dapat menguras penggunaan baterai ponsel Android. Untuk mengatur volume suara gunakan Menu > Pengaturan > Suara > Volume.
  7. Segera tekan kunci tombol apabila ponsel Android tidak digunakan, hal ini dilakukan agar layar segera mati sehingga konsumsi baterai lebih hemat dan irit.
  8. Gunakan aplikasi penghemat baterai seperti Easy Battery Saver. Aplikasi ini dapat diunduh gratis melalui Google Play Store (Android Market).

Delapan tips di atas merupakan cara terbaik menghemat baterai ponsel Samsung Galaxy Android. Tentu saja seberapa besar penghematan konsumsi baterai tergantung dari perilaku pengguna itu sendiri. Semakin bijak sobat Pusat Teknologi menggunakan ponsel Android akan semakin hemat baterai tersebut.

Selamat mencoba!


COPY ARTIKEL CANTUMKAN SUMBER REFERENSI

6 thoughts on “Cara Menghemat Baterai Samsung Galaxy Android

  1. setau saya cuma ini doank yang bisa menghemat batre “Kurangi Screen Brightness pada ponsel Androidmu.”.Gak taunya banyak juga yak *____*

  2. maaf nih gan mau tanya tp
    menyimpang dari topik..
    klo saya abis hapus aplikasi kan
    shortcutnya ilang tuh,biasanya jd
    ada space kosong.biasanya klo d
    restart or d matiin nanti space
    kosongnya udah ilang n d ganti ama
    shortcut yg lainnya.
    tp akhir2 ini saya hapus aplikasi n
    udah d restart n d matiin tp space
    kosongnya masih ada aja.gimana ya
    cara ngilanginnya???thx seblumnya

Silahkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *