Cara Menonaktifkan Autorun dan Autoplay Pada Windows 7

Dialog box autoplayAutorun merupakan suatu keadaan default yang telah disetting oleh windows baik windows XP maupun windows 7 yang akan berjalan setiap kali kita memasukkan hardware ke dalam usb port. Khususnya adalah device yang berisi data misalnya saja usb flashdisk, CD atau DVD, harddisk external dan sejenisnya.

Ketika sobat Pusat Teknologi memasukkan perangkat-perangkat tersebut maka secara otomatis muncul dialog box yang berisi beberapa menu pilihan yang akan mengarahkan kita kepada windows exploler, windows media player, image viewer atau program lainnya. Hal tersebut memang sangat menguntungkan kita agar tidak bekerja 2 kali untuk membuka my computer. Namun dibalik kelebihan tersebut ada hal negatif yang dapat membahayakan komputer atau laptop sobat Pusat Teknologi.

Siapa yang tidak mengenal “virus“? Tentu semua mengenal istilah virus ini. Virus merupakan program jahat atau kumpulan script yang dapat mengacak data atau bahkan dapat merusak komputer sobat Pusat Teknologi. Imbasnya komputer sobat akan menjadi lebih lambat, sehingga diperlukan sebuah solusi untuk mempercepat komputer.

Media yang sering dijadikan penyebaran virus adalah flashsdisk, atau harddisk eksternal. Salah satu bentuk penyebaran yang sering dimanfaatkan virus yaitu melalui autorun, di autorun ini flashdisk akan langsung dibaca tanpa harus dilakukan scan terlebih dahulu oleh antivirus yang telah diinstall. Oleh karena itu, penulis menyarankan sebaiknya fitur autorun yang ada  pada komputer dinonaktifkan.

Berikut langkah-langkah cara mematikan atau menonaktifkan autorun dan autoplay untuk pencegahan masuknya virus dalam komputer anda:

  • Jalankan run dengan cara mengetikkan kata run pada kotak pencarian start menu atau menggunakan shortcut windows + R
  • Selanjutnya ketikkan “gpedit.msc” maka akan terbuka jendela baru seperti berikut
    Local group policy editor
  • Klik Computer Configuration
  • Selanjutnya pilih sub menu Adiministrative Templates > windows components > autoplay policies seperti tampilan di bawah ini
    Autoplay policies
  • Klik kanan pada Turn off Autoplay.
  • Pilih Edit, kemudian centang Enable dan tekan tombol OK.
  • Selesai

Untuk mematikan atau menonaktifkan fitur autorun dan autoplay pada windows 7, sobat Pusat Teknologi terlebih dahulu harus mempunyai hak akses sebagai administrator, bukan user yang serba terbatas hak aksesnya. Cukup mudah bukan? Selamat mencoba.

6 thoughts on “Cara Menonaktifkan Autorun dan Autoplay Pada Windows 7

    • Kan itu stringnya mengatakan : ” Disable autoplay”

      Kalau enable kan iya ( jadinya disable autoplay )

      Kalau disable artinya kan tidak ( jadinya tidak matikan autoplay )

  1. kok ga bisa ya mas ??
    katanya windows canot find ‘gpedit.msc’ ..
    mohon pencerahannya mas ..

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*