Cara Merawat Flashdisk Agar Tidak Mudah Rusak


FlashdiskSaat ini siapa yang tidak mengenal barang kecil yang sangat bermanfaat ini. Pada zaman sebelum munculnya flashdisk terdapat suatu alat penyimpanan data yang disebut disket. Disket berbentuk kotak tipis namun lebih tebal dari CD. Mungkin saat ini disket sudah tidak ada lagi dan bergantilah dengan flashdisk.

Flashdisk saat ini banyak macam dan jenisnya. Seiring perkembangan teknologi, kehadiran flashdisk juga mengalami perubahan. Perubahan yang banyak dijumpai dalam perkembangan flashdisk ialah bentuk dan besar data yang dapat ditampungnya.

Besarnya daya tampung flashdisk bermacam-macam, mungkin Anda pernah menjumpai yang berukuran  2gb, 4gb, 8gb dan 16gb. Bentuk dari flashdisk pun bermacam-macam ada yang kotak dan saat ini ada yang berbentuk unik dan menarik.

Flashdisk merupakan sebuah alat elektronik yang mudah sekali rusak atau  pun jatuh. Tentunya Anda tidak ingin kehilangan semua data yang telah dimasukkan kedalam flashdisk kesayangan Anda. Ada beberapa cara agar flashdisk Anda tidak mudah rusak dan awet.

  • Berilah gantungan atau apapun yang dapat digantungkan dan menjadi pertanda flashdisk Anda. Karena ukurannya yang kecil menyebabkan ia mudah jatuh atau hilang
  • Jauhkan dari suhu ekstrim, misahnya panas dan dingin berlebihan
  • Jauhka dari medan magnet tinggi misalnya speaker atau televise agar penyimpanan data tidak terganggu
  • Tutuplah flashdisk setelah menggunakannya, hal ini mencegah masuknya kotoran dan karat dari flashdisk
  • Selalu backup data dari flashdisk kedalam komputer Anda agar jika terjadi sesuatu Anda tidak khawatir lagi
  • Hindari benturan keras pada flashdisk agar komponen di dalamnya tidak rusak
  • Setelah menggunakannya di tempat umum seperti warnet, sebaiknya Anda scan lagi flashdisk karena biasnya ada firus yang terbawa dan dapat menggangu data Anda
  • Selalu eject flashdisk sebelum mencabutnya dari laptop atau komputer Anda agar tidak terjadi crash data

Semoga bermanfaat


COPY ARTIKEL CANTUMKAN SUMBER REFERENSI

Silahkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *