X
    Categories: Komputer & HardwareTips & Trik

Tujuh Hal Penting Setelah Install Ulang Operasi Sistem (OS)

Sobat Pusat Teknologi pernahkah sobat melakukang install ulang pada komputer atau laptop yang sobat miliki? Jika belum, alangkah baiknya menyimak postingan ini agar komputer sobat tetap aman dan handal. Install ulang operasi sistem, khususnya pada OS Windows XP dan Windows 7, sangat diperlukan jika operasi sistem pada komputer / laptop mengalami kerusakan / corrupt yang diakaibatkan oleh program berbahaya, virus, maupun spyware.

Lantas, setelah install ulang komputer terus sobat harus ngapain? Nah, Pusat Teknologi akan menyarankan sobat melakukan lima hal penting yang dapat sobat lakukan stelah install ulang operasi sistem:

  1. Segera install Antivirus kemudian update hingga versi terakhir. Pemasangan antivirus akan memproteksi komputer dari program berbahaya, virus, maupun spyware.
  2. Segera install driver agar perangkat keras (hardware) terdeteksi oleh komputer maupun laptop.
  3. Install semua software atau program secukupnya dan penting bagi sobat.
  4. Ubah setting atau pengaturan pada komputer atau laptop sobat seperlunya. Misalkan kitra pingin mengubah tampilan background desktop, mendisable unused icons, dan lain sebagainya.
  5. Kosongkan Recycle bin. File sampah yang menumpuk setelah proses instalasi harus segera dihapus.
  6. Lakukan Disk clean up. Untuk melakukannya, sobat buka accessories > system > disk clean up.
  7. Lakukan Defragment menggunakan software defrag seperti Tune Up, Defraggler, dll. Defragment dapat sibat lakukan secara berkala, dua bulan sekali.

Nah, itu tadi tujuh hal penting yang dapat sobat lakukan setelah melakukan install ulang pada komputer atau laptop. Selamat mencoba!

View Comments (6)

  • JUDUL yg terlalu fulgar bung... harusnya jangan
    "Tujuh Hal Penting Setelah Install Ulang Operasi Sistem (OS)" tapi "Tujuh Hal Penting Setelah Install Ulang windows"

    Alasannya di dunia ini banyak Sistem Oprasi (OS) selain Windows sebut saja MAC OS, React OS, UNIX dan Linux OS yg diwakili oleh banyak distro seperti distro besar, RED HAT, UBUNTU, MANDRIVA, SLACKWARE dan masih banyak lagi.

    Dan Terakhir Bila PC diinstall Linux, tidak perlu menginstall nya..