X
    Categories: Gadget & Mobile

Lima Faktor Terpuruknya Nokia

Dominasi Nokia selama 14 tahun pada pasar ponsel dunia akhirnya harus diakhiri. Menurut data IHS iSupply dan Strategy Analitics (Analis Strategi) Nokia mendapat status baru, turun ke level BB+/B. Menurut IHS iSuppli, Nokia hanya menjual 83 juta unit pada kuartal pertama 2012, sementara saingan mereka Samsung 92 juta unit. Sedangkan menurut Strategy Analitics, Nokia hanya terjual 82,7 juta ponsel dan Samsung 93,5 juta unit.

Selama beberapa tahun belakangan ini, nokia memang terus mengalami fase kemunduran. Menurut Wired.com ada 4 (empat) faktor penyebab Nokia mengalami kemunduran seperti berikut ini :

Nokia Lamban

Nokia dikenal sebagai pionir dalam pasar smartphone dengan meluncurkan Seri Symbian pada 2002. Tapi, lima tahun terakhir OS ini terus mengalami kendala meraih untuk meraih posisi puncak di pasar. Apalagi ketika Apple memperkenalkan iPhone tahun 2007, Symbian semakin terdesak. Nokia sangat lamban merespon pergerakan para kompetitornya.

Android Meraih Keuntungan

Samsung terus menggenjot Android dengan kecepatan tinggi agar meraih keuntungan. Sementara Nokia dengan Windows Phone semakin terpuruk. Dan Nokia masih terus menunggu aplikasi Windows Phone nya memberikan keuntungan tanpa memberikan suntikan inovasi baru.


Segmen Atas dan bawah terluka

Nokia yang dikomandoi oleh Stephen Elop sudah sangat terlambat merangkul pasar smartphone. Nokia kurang bisa mengantisipasi kompetisi di pasar kelas menengah ke bawah. Vendor dari Cina dan Taiwan seperti Huawei, ZTE dan HTC memukul telak dari bawah dengan targetnya yang menyasar negara berkembang.

Generasi tua

Untuk era saat ini, dunia menginginkan perangkat tercanggih dan terbaru. Sementara Nokia masih mengusung game Snake pada seri klasik. Sedangkan di negara berkembang konsumennya telah mengasosiasikan Nokia sebagai teknologi zaman dulu dan Samsung dilihat sebagai inovator.

Organisasi berseri

Apple telah membuat inovasi merek iPhonenya. Sementara Samsung terus mengadopsi seri Galaxy andalannya, Samsung Galaxy S dan Galaxy Young. Dan para konsumen sangat menunggu produk terbaru dari kedua vendor ini. Sedangkan Nokia hanya berkutat pada Windows Phone.

Jika Nokia sanggup menghemat pengeluaran dan fokus membenahi perusahaan, dalam jangka pendek diprediksi mereka akan dapat bertahan.

View Comments

  • Tapi pd jmn keemasan nokia pernah memiliki inovasi juga bro... seperti pemanfaatan kamera di HP yg semakin bagus kualitasnya...