Memilih Antivirus Terbaik Untuk Komputer & Laptop


Antivirus TerbaikVirus merupakan salah satu momok terbesar bagi Anda pemilik laptop maupun PC. Virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer tetapi dapat mengakibatkan kerusakan dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu.

Efek negatif virus komputer adalah memperbanyak dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer (seperti penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan.

Hampir 95% virus komputer berbasis sistem operasi Windows. Sisanya menyerang Linux/GNU, Mac, FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System. Virus yang ganas akan merusak perangkat keras.

Serangan virus dapat dicegah atau ditanggulangi dengan menggunakan antivirus.Antivirus merupakan perangkat lunak ini dapat juga mendeteksi dan menghapus virus komputer. Virus komputer ini dapat dihapus dengan basis data (database/ Signature-based detection), heuristik, atau peringkat dari program itu sendiri (Quantum).

Ada berbagai macam virus komputer yang bertebaran seiring bertambahnya jenis virus yang ada saat ini. Tidak semua antivirus bagus untuk laptop maupun komputer Anda, maka dari itu anda harus jeli memilih tipe antivirus sesuai kebutuhan.

  • Pilihlah antivirus yang tidak terlalu besar ukurannya. Karena semakin besar ukurannya maka akan semakin berat antivirus tersebut dijalankan dan akan menggangu stabilitas komputer Anda.
  • Baca secara jeli dan seksama pada website antivirus, apakah memiliki plugins tambahan atau tidak. Plugins tambahan akan sangat berguna, misalkan pada antivirus local Ansav, PCMAV, Smadav, dll.
  • Perhatikan engine RTP(Real Time Protector), karena dengan engine tersebut antivirus akan memprotect komputer dari serangan virus, malware, dll yang terjadi secara mendadak.
  • Sebaiknya sandingkan antivirus lokal dengan antivirus luar seperti AVG, Avast, AVIRA agar dapat extra protect pada komputer Anda.
  • Pilih antivirus yang dapat diupdate secara online, hal ini bertujuan agar anda tidak perlu repot mencari update Antivirus tersebut
  • Pada antivirus berbayar, fasilitasnya lebih lengkap disbanding dengan antivirus free. Itu semua tergantung dari pilihan Anda

Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda semua.




COPY ARTIKEL CANTUMKAN SUMBER REFERENSI

9 thoughts on “Memilih Antivirus Terbaik Untuk Komputer & Laptop

  1. saya kurang setuju dengan pernyataan “Sisanya menyerang Linux/GNU, Mac, FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System”. Kata “menyerang (diserang)” mungkin kurang tepat, karena justru dari GNU/Linux (Unix Like, Mac/Linux Like) dan Unix (freeBsd,SunOS) virus diciptakan, dan virus ini sangat berbahaya (kasus hacker 1998). kalau menyerang OS/2 IBM mngkin bisa saja, karena sistem operasi ini berbasis DOS yang sudah bisa multi-tasking. Virus bisa saja masuk pada Sistem Operasi GNU/Linux (linux like;Mac) dan Unix (unix like;SunOS) tapi tidak dapat menyerang secara sistem. ini dikarenakan Linux/Unix mampunyai aturan system base yang hampir sama/mirip (satu keluarga) yang mempunyai otoritas tertinggi (root) yang berbeda antara user satu dan lainnya dan sebuah otak OS (kernel) yang secara otomatis akan menonaktifkan/mematikan suatu program yang berjalan melebihi jatah memory normal (sesuai aturan kernel). andaikan bisa “menyerang”; sebuah Virus butuh banyak database untuk dapat menembus otoritas root dan sebelum selesai menembus (brute-force) maka kernel pun akan mematikan virus itu.
    maaf kalau sedikit melebar komennya.. :D :D

  2. dear pocil,
    yup memang benar kata mas pocil jika virus susah sekali menyerang perangkat keluarga besar linux, maka dari itu hanya sebagian kecil dari virus yang berhasil masuk, :)

    Sangat bermanfaat sekali komennya, thanks mas pocil.. :)

    • Dear mas rifky,
      Mohon maaf mas untuk gambar yang di publish, namun disini yang perlu diperjelas sebagai pengetahuan kawan-kawan ialah hacker itu sendiri sebenarnya bukan “perusak”. Hacker disini artinya, mencari, mempelajari dan mengubah sesuatu untuk keperluan hobi dan pengembangan dengan mengikuti legalitas yang telah ditentukan.

    • @Randi:

      Antivirus tergolong program yang berat, bayangkan saja jika kita memasang 2 software antivirus, belum lagi resiko terjadingya crash program.

      Saran kami sesuaikan semua software yang kita pakai dengan spesifikasi komputer kita.

      Cheers.

    • Bisa mas,, saya saat ini menggunakan 1 antivirus, satu antivirus lokal smadav dan satunya lagi antivirus internasional smadav.

Silahkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *