X
    Categories: Tips & Trik

SmartFren: Cara Mempercepat Koneksi Modem SmartFren

Modem saat ini sudah bukan termasuk barang yang mewah lagi karena hampir semua elemen masyarakat dapat membeli modem jenis apapun. Modem berdasarkan jaringan dibedakan menjadi dua jenis yakni modem CDMA dan modem GSM. Modem GSM hanya dapat di isi oleh kartu provider GSM seperti Indosat, Telkomsel, Axis, dll. Sebaliknya, modem CDMA hanya dapat diisi oleh provider CDMA saja seperti Smart, Flexi, Smart, Fren, dll.

Semakin banyaknya jenis dan tipe modem, sobat Pusat Teknologi tentu akan menjadi bingung ketika memilih modem terbaik yang akan kita pilih. Salah satu modem yang saat ini sedang naik daun adalah Modem CDMA SmartFren. Modem SmartFren ini merupakan modem yang menggunakan jaringan gabungan antara provider Smart dan Fren. Penggabungan ini membuat modem SmartFren semakin berkibar di antara berbagai macam modem CDMA lainnya.

“Smartfren Anti Lelet” merupakan slogan yang biasa sobat dengar pada iklan atau media promosi di radio maupun televisi. Walaupun menggunakan slogan yang anti lambat atau lelet, ternyata menggunakan modem ini kita belum tentu dapat merasakan koneksi internet yang super cepat.

Koneksi internet memang tergantung wilyah dan kondisi sinyal internet yang tersedia. Selain itu, koneksi internet juga bergantung pada pilihan sobat dalam memilih provider terbaik. Ada hal-hal yang perlu Anda lakukan untuk mempercepat koneksi internet modem SmartFren agar fungsi yang ada pada settingan modem berjalan secara maksimal sehingga mendapat hasil yang lebih maksimal dengan koneksi internet super cepat.

Berikut beberapa tips dan trik mengenai cara mempercepat koneksi modem SmartFren yang dapat sobat Pusat Teknologi lakukan agar koneksi internet tidak lelet atau lambat.

  • Colok atau tancapkan modem SmartFren ke dalam USB port laptop atau komputer kesayangan sobat
  • Selanjutnya ubah settingan modem SmartFren sobat, caranya ubah semua parameter menjadi:

Access number: #777 atau *99#

User name: cdma

Password : cdma

Advance setting : DNS

Primary DNS : 8.8.8.8

Secondary DNS : 8.8.4.4

Access number #777 atau *99#

User name : smart

Password : smart

Advance setting : DNS

Primary DNS : 208.67.222.222

Secondary DNS : 208.67.220.220

  • Ubah settingan sinyal menjadi EVDO, hal ini dilakukan agar sinyal yang didapatkan oleh modem SmartFren hanya sinyal EVDO saja dan tidak berubah-ubah.
  • Jika sobat telah merubah semua settingan, jangan lupa untuk tekan OK untuk menyimpannya
  • Modem SmartFren siap anda gunakan.

Semoga beberapa tips di atas dapat membantu sobat dalam meningkatkan kecepatan modem SmartFren, sehingga sobat dapat melanjutkan aktivitas online menggunakan koneksi yang tidak lambat atau lemot. Selamat mencoba!

View Comments

  • pas kita nunggu tlp callservis nya ada nyanyian "smartfren solusi 14Mbps buat internet anda" dah 2x saya kasih laporan ke acllsevis nyata nya tetep aja 14kbps,,buka facebook aja ga kebuka2 dr pagi sampe sore... keren iklan nya tp lebih sangat keren lagi kenyataan nya...saya angkat jempot 4biji buat smartfren atas 14Kbps nya..dari palembang

  • hmm.....? kalo dah lelet, mau digimanain aja dah segitu batasnya, mau diutak-utik sampe jebol paling efeknya cuma sedikit ( kecuali hacker :D)

  • waaaah sama saja tuh biar di apakan juga tetap saja lemot sya udah coba sampai ganti kartu

  • cuman untuk buka gambar yang lemmot kawan...fb jg yg lainnya.kl cuma browsing biasa lumayan lah cepet dikit.

  • namanya bisnis kalau pengin cpt ya harus nambah biaya. beli aja internet booster. 10rb dpt 512kbps, 15rb 1mbps, 20rb 3mbps. sy dah coba yg 512kbps lumayan kenceng tp buat download sebentar sampai 500MB lambat lg karena memang kuotanya segitu. Biaya internet di Indonesia masih mahaaaaaallllllllllllll.................