X
    Categories: Internet & Social Media

Xampp Error: Cara Mengatasi Stop Error Pada Xampp

Software Xampp. Tentu anda telah mengetahui apa fungsi software yang satu ini bukan? Setelah beberapa waktu lalu kami telah berbagi kepada anda mengenai apa itu Xampp, apa kegunaannya, serta bagaimana cara untuk menginstall xampp tersebut. Kini penulis akan memaparkan masalah atau error yang dialami oleh penulis beberapa waktu lalu.

Menyandang nama sebuah software tentu saja hal tersebut takkan pernah lepas dari yang namanya error atau bug. Begitu pula dengan xampp, software yang tersedia dalam berbagai OS (operating system) itupun tak lepas error. Memang tak ada yang sempurna namun selagi error tersebut dapat diatas tentu hal tersebut tidak terlalu masalah bukan bagi anda?

Error yang akan dipaparkan disini mengenai stop error. Apa maksudnya? Setelah anda menginstall program xampp, anda pasti akan menemukan control panel xampp yang terletak di desktop atau di startmenu. Ketika anda menjalankan control panel anda akan dihadapkan pada sebuah kotak yang berada dipojok kanan bawah (posisi default) yang menampilkan status beberapa service yang sedang aktif dalam xampp. Misalnya saja apache, mysql, filezilla, mercury dan tomcat.

Disamping nama service atau nama layanan anda akan melihat status apakah layanan tersebut sedang aktif atau non-aktif, hal tersebut ditunjukkan dengan adanya box berwarna hijau yang bertuliskan “running” itu menandakan bahwa layanan tersebut sedang dalam keadaan aktif. Apabila program tersebut berjalan dengan normal status tersebut dapat segera diganti dengan menekan tombol “stop” pada control panel, namun kenyataannya pada beberapa pengguna windows 7 hal tersebut tidak bisa dilakukan dan tampak seperti gambar dibawah ini.


Pesan error tersebut dijumpai ketika anda mencoba untuk memberhentkan layanan, dan bertuliskan  “ERROR: Mysql service not stopped [-1]” Hal tersebut mungkin dapat dikarenakan oleh adanya tingkat permission atau UAC (User Account Control) seperti alert yang muncul pada windows 7 sehingga fungsi button tersebut tidak berfungsi. Namun anda tidak perlu khawatir mengenai error ini, kami memiliki solusi alternatif cara bagaimana mengatasi error pada xampp yang satu ini. Error ini dapat diselesaikan dengan cara manual, dan berikut langkah-langkahnya:

  • Buka start menu – pilih run atau dapat dengan shortcut “windows + R”
  • Ketikkan “services.msc”, anda akan mengarah pada list service windows
  • Setelah itu kita akan menemukan layanan sama persis dengan apa yang tampil pada control panel xampp (apache, mysql)
  • Langkah selanjutnya yaitu menghentikan layanan tersebut secara manual dengan button stop yang berada di sidebar kiri, seperti gambar dibawah ini.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses itu selesai.

Ketika proses tersebut selesai anda dapat melihat pada control panel xampp apakah status layanan tersebut masih aktif? Tentu tidak bukan? Dengan begitu kita dapat menghemat kinerja CPU dengan cara mengurangi layanan yang sedang aktif.

Selamat mencoba dan sayonara pada error. 🙂

View Comments

  • kalo sebaliknya gmn gan,,,,
    xampp Q klo dtkan start msyql ma apache nya og lgs stop lg...
    gmn gan solusinya....

  • bang, numpang tanya tadi saya mengotak-atik XAMPP
    ternyata password root@localhosnya saya beri password (yg seharusnya tanpa password)
    trus saya masuk ke localhoss/phpmyadmin/ ternyata login eror
    gimana cara mengembal;ikan setingan Xampp ke semula
    sudah saya unistall trus saya install lagi ternyata hasilnya sama tetap eror
    terima kasih

  • Mas,. mohon pencerahaannya,. saya belum paham dengan xampp. kebetulan absen finger ditempat kerja saya terkoneksi dengan xampp. pada saat ini terjadi error. dan klau dibuka katanya root. sehingga tidak bisa untuk mem back up data tersebut. tulisan yang muncul ketika dibuka " setting koneksi mysql (xampp)"

    setalah diklik muncul :
    Warning: mysql_pconnect() [function.mysql-pconnect]: Can't connect to MySQL server on 'localhost' (10061) in C:\xampp\htdocs\fingerpas\connection\cn_dbpas.php on line 6

    Fatal error: Can't connect to MySQL server on 'localhost' (10061) in C:\xampp\htdocs\fingerpas\connection\cn_dbpas.php on line 6
    mohon pencerahnnya ya mas. maksi mas.

  • makasi sebelumnya ....
    atas ilmu yang di berikan ,, tapi disini saya mau nanya ,, bagaimana caranya kalau mau menstop xampp mysql kalau uda terlanjur di centang???

  • kenapa di xampp muncul seperti ini y
    Error
    MySQL menyatakan: Dokumentasi

    #1273 - Unknown collation: 'utf8mb4_general_ci'

  • gan gmana caranya ngatasi mysql pada xampp ketika di running malah stop dengan sendirinya. minta bantuannya CP: 085720779657