Modifikasi Linux: Cara Merubah Tampilan Ubuntu Menjadi Mac OS dengan Cairo Dock

Linux OSBerbicara tentang linux mungkin takkan ada habisnya, mengingat linux tidak hanya terdiri dari satu developer yang menghasilkan distro (macam-macam linux) yang berbeda. Mulai dari distro buatan anak bangsa maupun distro mancanegara. Terlepas dari distro itu sendiri, tentunya para pengguna linux pasti memiliki rasa untuk meng-custom interface linux mereka.

Misalnya saja pada Windows, dapat diambil contoh ketika kita ingin merubah tampilan windows menjadi windows klasik, windows 7 menjadi windows 8 dan sejenis. Tidak jauh berbeda dengan beberapa contoh diatas, interface linux pun dapat kita modifikasi menjadi interface layaknya Mac OS. Modifikasi Linux kali ini menggunakan distro ubuntu yang tak lain adalah distro linux yang paling sering digunakan oleh para pengguna linux. Tidak terlalu rumit, 1 hal yang harus dipersiapkan untuk langkah awal modifikasi linux kali ini adalah software cairo-dock dan koneksi internet.

Cairo Dock sendiri terbagi menjadi 2 yaitu cairo dock open GL dan Cairo Dock non Open GL. Perbedaan software disini bukan tanpa alas an tentunya. Melainkan perbedaan antara VGA masing-masing computer. Sesuai namanya tentu cairo dock tanpa open GL akan lebih ringan dibandingkan cairo dock open GL. Cara mendapatkan cairo dock pada modifikasi linux kali ini bukan dari software center yang ada pada linux , tetapi kita mendowload dan meng-installnya melalui terminal.

Langsung saja kita masuk menuju langkah-langkah modifikasi tampilan linux menjadi mac OS:

  • Buka terminal pada ubuntu anda, ketikkan “sudo add-apt-repository ppa:cairo-dock-team/ppa” *tanpa tanda petik. Selanjutnya tekan enter..
  • Setelah anda tekan tombol tersebut terminal anda akan melakukan beberapa perintah yang pada akhirnya akan mengkonfirmasi apakah anda akan meneruskan proses instalasi.

Linux Terminal

  • Kami sarankan anda tidak menutup jendela terminal sesaat setelah anda menekan tombol enter dan terminal terlihat tidak bekerja, karena sebenarnya terminal sedang terkoneksi internet dan dalam proses loading. Setelah proses instalasi tersebut selesai, anda tinggal mengaktifkan pada dashboard linux ubuntu. Untuk memudahkannya anda tinggal mengetikkan “Cairo Dock”

Cairo Dock

Ketika anda telah memilih antara antara kedua Cairo dock, apa yang terjadi? Berikut adalah tampilan layar ubuntu yang telah dimodifikasi dengan cairo dock.

Interface Ubuntu

Selamat mencoba, semoga manfaat.


3 thoughts on “Modifikasi Linux: Cara Merubah Tampilan Ubuntu Menjadi Mac OS dengan Cairo Dock

  1. itu baru menambah reponya tapi belum menginstall cairo dock
    seharusnya ada command lagi “sudo apt-get install cairo-dock cairo-dock-plug-ins”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*