Cara Mudah Nge-Root Ponsel Android Samsung Galaxy Young

Cara Root Samsung Galaxy Young (Y S5360)Mungkin sobat Pusat Teknologi bingung dan tidak mengerti apa sih arti dari nge-root, rooting atau root pada ponsel Android? Nge-root atau root pada ponsel Android merupakan sebuah proses memodifikasi perangkat ponsel Android, sehingga sobat Pusat Teknologi mendapatkan akses penuh dan total terhadap perangkat Android untuk menjalankan aplikasi tingkat superuser tanpa ada penolakan ketika menginstall aplikasi Android tertentu.

Ketika sobat Pusat Teknologi membeli ponsel atau smartphone Android sebenarnya semua ponsel tersebut berada pada tingkat “user” atau pengguna. Karena sebagai konsumen, sobat Pusat Teknologi sudah cukup untuk dapat menikmati semua fitur yang ada pada ponsel Android tersebut. Selain itu, sobat Pusat teknologi juga tidak diperkenankan melakukan modifikasi terhadap handheld yang ada pada ponsel atau smartphone Android tersebut karena apabila terjadi sesuatu pada ponsel Android tersebut seperti blank dan gagal booting maka pihak produsen tidak mau bertanggung jawab. Dengan kata lain, proses nge-root ponsel Android dapat menghanguskan garansi resmi yang semestinya masih berlaku hingga satu tahun lamanya.

Dengan melakukan proses rooting pada ponsel atau smartphone Android, sobat Pusat Teknologi dapat memodifikasi, menghapus file yang diproteksi, atau bahkan meng-uninstall aplikasi bawaan yang tidak diperlukan pada ponsel-ponsel berplatform Android seperti Samsung Galaxy Young (Y S5360). Selain itu, keterbatasan kapasitas media penyimpanan internal memaksa pengguna untuk memindahkan aplikasi ke media penyimpanan lainnya yakni SD Card. Biasanya kapasitas media penyimpanan internal ponsel atau smartphone Android penuh diakibatkan oleh banyaknya aplikasi atau game Android yang terinstall di memori internal ponsel Android.

Langsung saja, berikut merupakan cara yang paling mudah untuk nge-root ponsel atau smartphone Android Samsung Galaxy Young (Y S5360):

  1. Download dan tempatkan file update.zip pada SD Card ponsel Android sobat.
  2. Untuk mempermudah proses rooting taruh atau tempatkan file tersebut pada direktori utama SD Card.
  3. Selanjutnya, matikan ponsel atau smartphone Android sobat
  4. Tekan tombol Volume (up) + Home + tombol Power secara bersamaan kurang lebih 12-15 detik.
  5. Nanti anda akan masuk ke recovery mode
  6. Pilih yang “apply update from sd card”. Untuk memilih tekan tombol volume up atau down.
  7. Pilih file update.zip
  8. Klik Reboot Now.
  9. Biarkan ponsel atau smartphone Android sobat Pusat Teknologi menyala hingga proses rooting selesai. Selanjutnya silahkan cek adakah aplikasi SuperUser? Kalau sudah ada, proses root berjalan dengan sukses!
  10. Selesai!

Oiya, jika sobat Pusat Teknologi ragu atau tidak mengerti apa yang sobat lakukan mending jangan lakukan proses rooting ini pada ponsel Android Samsung Galaxy Young (Y S5360) karena proses rooting ini dapat menyebabkan hilangnya garansi ponsel atau smartphone Android sobat. Ketika tim Pusat Teknologi melakukan percobaan nge-root pada ponsel Android Samsung Galaxy Young, cara ini merupakan cara paling mudah dan cepat untuk melakukan proses rooting.

Sebagai catatan, Tim Pusat Teknologi tidak bertanggung jawab apabila terjadi perubahan dan kerusakan pada perangkat Android akibat kegagalan proses rooting pada Samsung Galaxy Young. Jadi pertimbangkanlah baik-baik sebelum memilih untuk melakukan rooting dan berhati-hatilah saat mengikuti langkah-langkah rooting Samsung Galaxy Young di atas.

Selamat mencoba!

32 thoughts on “Cara Mudah Nge-Root Ponsel Android Samsung Galaxy Young

  1. sebenernya sih belum punya hanpon yang berbasis androit sih…
    tapi sesudah baca postingan di atas kok jadi pingin ya
    pengen belajar nge-root Ponsel android :D

  2. tak apa mas gaulhost, banyak jalan menuju roma..
    tak punya ponselnya bisa coba di posel android teman, :D
    tetep pantau terus pusat teknologi untuk info ponsel android,

    • Betul mas, pilihan yang tepat..
      jangan sampe nyesal di kemudian hari..
      Lebih baik dipertimbangkan baik-baik segala resiko yang akan dihadapi jika kita melakukan root pada HH kita.

  3. kalo sudah diinstall gimana caranya menghapus aplikasi yg sebenarnya memang harus tersimpan ditelpon/gmn cra menghapus aplikasi bawaan hape?..thanks

  4. gan, ane udah ikutin tuh petunjuk nge_root yg agan kasih di atas, proses nye udah kelar, cuman pada saat ane masuk ke Superuser nye, koq aplikasi ane kagak ada yg muncul gan yee?

    • Itu karena belum ada aplikasi Android yang diijinkan mengkases root pada ponsel Android bang ferdi. Coba install aplikasi yang memerlukan akses root seperti Titanium Backup atau yang lainnya :D

  5. gan kan katanya klo nge’root bsa nghapus app bawaan, ane uda ikutin smua ptinjuk & sukses,, tapi masih ga bsa nghapus app bawaan,, mohon pencerahannya….

  6. mas, kan rooting ini inti fungsinya adalah memungkinkan kita untuk memindah beberapa aplikasi dari internal ke external. nah setau ku semua hp andorid ini default penyimpanan aplikasinya ada di internal, kalo lagu2 dan video dalam format mp3 atau mp4 itu nanti bakal masuk ke internal atau external yah? kalo masuk ke internal langsung rugi juga dong beli young, kalo gak salah internal nya cuma 160mb kan yah?

  7. wahhh, bagus bagus…
    skedar infoo: Cicipi Ice Cream Sandwich 4.0.2 di galaxy Young mu (GT-5360)

    arf007free-software.blogspot.com

  8. wah bagus tu review games the best elevennya, bisa minta alamat untuk dowanload gamenya… yang untuk galaxy young
    makasih

  9. om bisa bantu gg galaxy y ane memori internalnya dah penuh tolong kasih tw donk cara hapusnya…. tp udah di root… mohon nantuannya

  10. Makazih gan infonya tapi gi mana cara nya mindahin applikasi di mmri intrnal ke sdcard di hpku ko ga bisa,padahal dh di rooting..mhn solusinya..

  11. saya mau nge root tapi takutnya udah di root, ada ga cara ngebedain yg udh di root sama yang belum?
    kalo di root gitu ga akan ada data yang ilang kan?

  12. Gmna cra memindahkan app dr memory internal k memory ekaternal u hp huawei ancend y 200?sdh sya coba pke link2SD blm bs jg

  13. terima kasih atas tutorialnya
    klo hal ini di praktekin takutnya data data yang ada di ponsel itu hilang atau kandas jadi sayang klo hilang harus download lagi hu..hu..

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*