X
    Categories: Artikel Pembaca

Pentingnya Teknologi Robotik & Pertanian Presisi Untuk Indonesia

Pertanian Presisi Dengan Teknologi Robotik

Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah. Sektor kehutanannya menjadi yang terbesar kedua di dunia setelah Brazil. Tidak hanya itu Indonesia adalah negara yang kaya akan hasil lautnya ,bahkan negara-negara tetangga iri pada negara ini. Hasil pertanian bangsa ini sangatlah melimpah ruah. Tidak hanya dari sisi kekayaan alam saja, tetapi negara kita adalah negara keempat terbesar jumlah penduduknya setelah RRC,Amerika Serikat, dan India.

Mengingat banyaknya potensi yang dimiliki bangsa ini, tetapi mengapa banyak orang-orang yang tidak bekerja, angka kemiskinan masih menjadi masalah yang tak terselesaikan. Produk-produk pertanian yang seharusnya bisa kita penuhi sendiri, malah menjadi andalan bangsa ini untuk mengimpornya. Marilah kita renungkan apa, yang salah dengan negeri ini.

Dalam banyak kasus, ternyata yang menjadi masalah pada negeri kita salah satunya adalah kurangnya pemanfaatan teknologi. Teknologi harusnya menjadi suatu yang dapat mempermudah,mempercepat,dan memperindah segala aspek pekerjaan yang kita lakukan. Bukannya dengan teknologi kita menjadi bangsa yang malas, bangsa yang ketergantungan dengan teknologi itu sendiri. Padahal teknologi diciptaka oleh manusia, seharusnya manusia tersebut dapat memanfaatkannya,dan bukan dimanfaatkannya.

Dalam tulisan ini penulis akan mengutarakan pendapat tentang pentingnya teknologi robotik untuk pertanian Indonesia. Seiring berkembangnya zaman banyak teknologi-teknologi canggih yang tak terbayangkan sebelumnya. Salah satunya adalah teknologi robotik yang kini sering digunakan untuk mesin-mesin cerdas yang dapat melakukan pekerjaannya dengan baik, dan tingkat presisi yang tinggi tanpa diawasi oleh manusia. Kira-kira begitulah yang terjadi di negara-negara maju.

Di Indonesia sendiri teknologi robotik sudah mulai popular. Ditandai dengan banyaknya kontes-kontes, festival, dan kejuaraan-kejuaraan yang menampilkan robot-robot canggih karya anak bangsa. Namun yang ditampilkan dalam setiap kejuaraan hanyalah robot yang tidak terlalu jelas pemanfaatnnya. Robot-robot tersebut dibuat hanya untuk hiburan semata. Bukan untuk membatu pekerjaan manusia.

Padahal teknologi robotik di negara Sakura Jepang dimanfaatkan dengan baik contohnya pada sektor pertanian. Para petani-petani jepang tidak menggunakan tangannya lagi untuk menanam,menyiram, dan memanen, tetapi semua pekerjaan tersebut dilakukan oleh robot-robot cerdas hasil ciptaan mereka. Bahkan tidak hanya itu dengan teknologi robotik, kita dapat membuat tumbuhan seakan-akan berbicara kepada kita. Dengan demikian kita dapat memberikan apa yang benar-benar tumbuhan butuhkan dengan tidak berlebihan, sehingga hasilnyapun akan lebih baik. Jika dibandingkan dengan pertanian konvensional, kita sebut sebagai pertanian presisi.

Oleh sebab itu marilah para pengrajin-pengrajin robot yang ada di Indonesia. Mulai dari kalangan remaja, dewasa, siswa, mahasiswa, dosen, dan para penghobi robotik. Marilah kita buat robot-robot cerdas yang dapat membantu petani-petani kita. Membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas produk pertanian kita. Agar bangsa kita tidak lagi mengimpor apa yang seharusnya tidak kita impor. Hidup pertanian Indonesia, Hidup Teknologi Indonesia, Ditangan kami kehidupanmu kami pertaruhkan.

Artikel Dikirim Oleh:

Sutan Muhamad Sadam Awal

Mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB)

Peserta Rumah Kepemimpinan PPSDMS Nurul Fikri