Yuukk! Belajar Bersama Seputar Shared Hosting, VPS dan Cloud Hosting

Halo sobat, kita akan bahas secara mendasar apa itu shared hosting, VPS (Virtual Private Server) dan Cloud Hosting supaya kita lebih tahu perbedaan masing – masing. Karena setiap kali kita hendak membuat website baik itu website pribadi atau perusahaan tentu saja kita butuh tempat penyimpanan data. Namun sebelum berbicara Shared Hosting mari kita kenali dahulu istilah Web Hosting atau Web Server Hosting.

Web Hosting

Web hosting adalah sebuah komputer tempat penyimpanan data yang bisa diakses secara online diseluruh dunia, tentu saja komputer ini terhubung dengan jaringan internet, segala informasi data baik berupa gambar atau tulisan atau apa saja yang bisa  diakses secara online yang kemudian disebut Web Server Hosting, dan banyak yang mengistilahkan penyimpanan data – data tersebut dengan istilah Data Center. Tidaklah mungkin sebuah website bisa diakses secara online diseluruh dunia tanpa menggunakan Web Hosting, namun demikian kini banyak sekali perusahaan yang memberikan layanan jasa Web Hosting.

Tips untuk pemula jika target pengunjung kita berada didalam negeri sebaiknya pilih penyedia jasa Web Hosting yang Data Centernya berada didalam negeri juga agar supaya lebih cepat diakses oleh pengguna.

Shared Hosting

Shared Hosting ada sebuah Web Server Hosting atau tempat Data Center yang digunakan secara bersama-sama dengan pengguna lain, yang mana setiap pengguna memiliki hak akses dengan sumber daya atau resources yang dibatasi oleh penyedia jasa layanan Web Hosting, namun memiliki ruang sendiri – sendiri ibarat 1 bangunan rumah  yang memiliki kamar masing – masing untuk disewakan atau dikoskan.

Nah, untuk pemula atau website yang masih memiliki jumlah trafik kecil menggunakan jasa Shared Hosting sangat direkomendasikan, sebab mudah untuk memanage dan juga murah harganya. Oleh sebab itu kita harus pintar – pintar untuk memilih Web Hosting Terbaik sebab akan berpengaruh dengan performa website kita.

VPS (Virtual Private Server)

Virtual Private Server adalah serbuah Server Web Hosting yang mana ruang server dibuat atau dibagi secara virtual tentu saja lebih baik daripada Shared Hosting, sebab VPS memiliki ruang yang lebih luas dan kontrol sendiri yang biasa disebut root akses, ibarat sebuah bangunan hotel anda memiliki satu kamar dengan fasilitas penuh yang dapat anda kontrol sendiri.

Penggunaan VPS cocok untuk website yang tidak bisa ditampung dengan Shared Hosting, tentu saja untuk harga sewa lebih tinggi daripada Shared Hosting, namun kelebihannya kita memiliki resources yang lebih besar dan akses kontrol yang lebih mendalam, tentu saja untuk memanage VPS setidaknya kita dituntut untuk memiliki skill dan pengetahuan yang lebih.

Cloud Hosting

Setelah kita memahami Web Server Hosting rasanya tidak lengkap jika tidak mengenal apa itu Cloud Hosting, Cloud Hosting adalah sebuah teknologi yang memungkinkan satu server dengan server lainnya dapat saling terhubung yang menjadikan keamanan server lebih terjaga dan kinerja sebuah website lebih stabil. Cloud Hosting dapat menjadi solusi terbaik diantara Shared Hosting dan VPS (Virtual Private Server).

Dengan menggunakan teknologi Cloud Hosting, yaitu beberapa server namun bekerja menjadi satu server yang utuh yang paling bisa dirasakan ialah performa sangat terjaga, apalagi terjadi lonjakan trafik atau lalu lintas yang tinggi, kemungkinan server down sangat rendah, tentu saja kinerja Cloud Hosting ini memiliki kinerja yang sangat berbeda dengan Shared Hosting, dengan Cloud Hosting uptime website kita lebih terjaga karena banyak server yang saling mendukung satu sama lain.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *