Bagikan Fotomu dengan Instagram

Instagram adalah aplikasi sharing foto yang memungkinkan user mengambil foto, kemudian sobat dapat memberi efek-efek yang disediakan pihak Instagram itu sendiri kemudian membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Setelah sobat membagikannya, sobat dapat saling memberi komentar satu dengan pengguna lainnya. Efeknya juga sangat beragam misalnya sobat dapat memotong foto menjadi bentuk persegi layaknya seperti hasil kamera Kodak Instamatic dan Polaroid.

Instagram

Nama Instagram itu berasal dari kata “insta” yang diambil dari kata”instan” seperti kamera Polaroid yang dahulunya dikenal dengan sebutan “foto instan”. Instagram dapat menampilkan foto-foto secara instan, seperti polaroid. Kemudian kata “gram” berasal dari kata “telegram”, dimana cara kerja telegram sediri untuk mengirimkan informasi dengan cepat. Cara kerja tersebut diadopsi Instagram yang dapat mengunggah foto ke dalam jaringan internet, kemudian membagikan dan menyampaikannya ke user lain dengan cepat. Oleh karena itu Instagram diambil dari kata instan-telegram yang berarti menampilkan foto-foto secara instan dan membagikannya dengan cepat.

Instagram memiliki 15 efek-efek yang dapat digunakan oleh para pengguna ketika mereka hendak menyuting sebuah foto. Beberapa macam effek antara lain : X-Pro II, Lomo-fi, Earlybird, Sutro, Toaster, Brannan, Inkwell, Walden, Hefe, Apollo, Poprockeet, Nashville, Gotham, 1977, dan Lord Kelvin. Kemudian beberapa waktu yang lalu telah menambahkan 4 efek lagi terbaru yaitu : Valencia, Amaro, Rise, Hudson dan menghapus efek Apollo, Poprockeet, dan Gotham dari fitur tersebut. Lebih menariknya lagi yaitu fitur Tilt-shift dengan 2 bentuk, persegi panjang dan bulat efeknya untuk memfokuskan satu titik pada sebuah foto dan sekelilingnya menjadi buram. Tilt-shift dapat mengatur rupa foto disekeliling titik fokus tersebut, sehingga para pengguna dapat mengatur tingkat buram pada sekeliling titik fokus di dalam foto tersebut.

Aplikasi Instagram dapat digunakan pada perangkat iPhone, iPad atau iPod Touch versi apapun tetapi dengan sistem operasi iOS 3.1.2 atau yang lebih terbaru. Selain itu Instagram juga dapat digunakan pada smartphone Android yang berjalan menggunakan sistem operasi Android 2.2 (Froyo) atau yang lebih terbaru. Untuk mendapatkan aplikasi Instagram ini sobat dapat mendownloadnya gratis melalui Apple App Store maupun Google Play Store.

Mari ekspresikan seni fotografi melalui aplikasi Instagram dan bagikan ke berbagai jejaring sosial seperti facebook, twitter, foursquare dan sebagainya!

5 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *