Cara Screenshot di Windows dengan Aplikasi Snipping Tool

Sebenarnya apa sih gunanya screenshot itu?, Biasanya screenshot itu digunakan saat kalian disuruh guru untuk membuat tugas membuat tutorial bergambar atau bisa juga di gunakan untuk bukti kepada teman anda bahwa kalian telah melakukan pembelian barang online di toko online. Sebenarnya banyak sekali kegunaan Screenshot ini jadi tidak memungkin kan bagi saya untuk menjelaskan satu persatu kegunaan screenshot karena bisa – bisa sebelum membaca tutorial di bawah ini kalian akan bosan kalau cuman membaca penjelasan saja. Saya anggap anda sudah tau kegunaan screenshot pada komputer, Dan saya akan lanjut ke tutorial utama yaitu tentang Cara Screenshot Di Windows Dengan Aplikasi Snipping Tool. Simak baik baik tutorial di bawah ini :

  1. Buka aplikasi Snipping Tool dengan klik icon Start(biasanya terletak di pojok kiri bawah) kemudian cari aplikasi snipping tool dengan cara mengetikkan Snipping Tool di kotak pencarian. Untuk lebih jelasnya gambar di bawah ini
    Cari aplikasi snipping tool dengan klik tombol start
    Cari aplikasi snipping tool dengan klik tombol start

     

  2. Kalau anda sudah membuka aplikasi snipping tool anda akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini. Jangan panik ketika pointer mouse tidak bisa di gunakan untuk mengklik dan tiba tiba layar menjadi blur, anda hanya perlu menekan tombol Cancel di sebelah kanannya tombol New.
    klik tombol cancel untuk bisa mengubah posisi aplikasi snipping tool
    klik tombol cancel untuk bisa mengubah posisi aplikasi snipping tool

     

  3. Sekarang aplikasi Snipping Tool sudah bisa di pindah pindah 🙂 . Untuk cara Screenshot Full Seluruh layar Komputer adalah dengan mengarahkan pointer ke Tombol New dan disitu ada button kecil disamping tombol New itu anda klik, dan silahkan pilih menu Full schreen snip. Lihat gambar di bawah ini supaya lebih jelas.
    pilih segitiga kecil di samping tombol new
    Pilih segitiga kecil di samping tombol new

     

  4. Sampai langkah ini seharusnya anda sudah berhasil mengambil Screenshot dengan menggunakan Snipping tool.
  5. Selanjutnya adalah cara menyimpan file hasil screenshot kita tadi. Caranya perhatikan gambar di bawah ini.
    Pilih icon save snip
    Pilih icon save snip

     

  6. Lanjut dengan mengasih nama dan menempatkannya di komputer anda.

    1. nama screenshot 2. simpan
    1. nama screenshot 2. simpan

Itulah tutorial yang bisa saya buat hari ini, Kalau  ada langkah yang belum jelas atau masih ada yang perlu di jelaskan lagi anda bisa menuliskannya di komentar. Sekian dan semoga tutorial tentang Cara Screenshot Dengan Snipping Tool ini bisa bermanffat bagi anda yang membutuhkan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *