Google Bangun Sistem Komentar

CommentPersaingan antara Google+ dengan Facebook sepertinya akan memasuki babak baru. Google yang terinspirasi Facebook dengan membuat Google+ , baru-baru ini akan merilis fitur komentar mereka di Google+. Fitur ini akan terintregasi dengan situs pihak ketiga seperti punya Facebook. Ini akan membuat Google menjaga jarak dengan para pesaingnya. Demikian dilaporkan oleh The Next Web.

Komentar ini tidak hanya terdapat pada platfom Google+ tapi juga layanan dan pencarian web. Google menyatakan sistem komentar ini untuk meningkatkan persaingan dengan Facebook, yang terlebih dulu mempunyainya. Sistem komentar ini akan mengindeks komentar di Google Search, layanan serta situs web seluruh jaringan Google. Sama seperti Facebook, Google mengintegrasikan sistem komentar ini pada pihak ketiga.

Seperti diberitakan oleh The Next Web, Google meluncurkan sistem ini saat acara Google G di Arab Saudi. Inovasi Google terus mendorong dan mengikat semua produk-produknya agar berada dalam sebuah beranda navigasi. Antara lain dengan penambahan fitur Google Play. Sistem ini besar kemungkinan akan mengakibatkan Disqus dan Livefyre, situs yang khusus terlebih dahulu menyediakan layanan komentar akan ikut meramaikan persaingan diantara Google dan Facebook.

Seperti yang diketahui, pangsa pasar sistem komentar ini antara lain dikuasai oleh Disqus, Livefyre, Echo dan Intense Debate. Kalau Intense Debate bagus bila disandingkan dengan WordPress, disisi lain Echo malah kehilangan banyak pengguna, akibat layanan berbayar mereka. Dikabarkan juga bahwa Google+ akan meluncurkan URL baru mereka. Sayang, Intense Debate kurang berkembang, beberapa tahun terakhir tidak ada update pembaharuan dari pembuatnya.

Bukan kali ini saja Google dan Facebook bersaing. Walaupun keduanya punya market yang berbeda. Google lebih ke Search Engine-nya, sementara Facebook di Social Media. Tapi Google ingin melebarkan sayapnya di social media dengan mengembangkan Google+ miliknya. Inilah yang pada akhirnya membuat Google+ menjadi pesaing serius Facebook.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *