HTC One S: Smartphone ICS Dengan Prosesor Snapdragon S3

Dunia smartphone kembali diramaikan oleh kedatangan smartphone canggih dari vendor HTC. Setelah sukses dengan peluncuran smartphone HTC One X, kini vendor tersebut kembali merambah dunia smartphone dengan menghadirkan seri kelanjutan HTC One X yaitu smartphone HTC One S. Smartphone android tersebut memang hadir lebih murah dibandingkan sebelumnya dan bahkan ukurannya pun juga lebih kecil. HTC One S menggunakan layar Super AMOLED dengan lebar tidak kurang sekitar 4,3 inchi saja. berbeda dengan HTC One X yang sudah menggunakan layar Super IPS LCD 2 dengan lebar 4,7 inchi.

Untuk kelengkapan layar tersebut, pihak HTC juga menyematkan perlindungan dari gorilla glass guna menghindari dari goresan apapun. Tidak berbeda dengan smartphone milik HTC laiinya, HTC One S juga menggunakan sistem antar muka buatan vendor HTC sendiri yaitu HTC Sense UI. Dari segi memori, ada pengurangan pada memori internal milik HTC One S yaitu memiliki kapasitas 16 GB saja akan tetapi tidak ada perbedaan pada RAM yang disematkan. HTC One S maupun HTC One X juga sama-sama tidak memiliki slot kartu memori, sehingga membuat kedua ponsel tersebut memiliki sedikit kekurangan.


Untuk soal kamera, sobat pusat teknologi tidak perlu khawatir, HTC One S juga menggunakan kamera 8 megapiksel pada bagian belakang dengan resolusi hingga 3264×2448 piksel. Kamera tersebut juga memiliki kelengkapan autofokus dan lampu flash. Fitur yang dibawanya pun juga tidak kalah canggih dengan smartphone laiinya, yaitu Simultaneous HD video and image recording, geo-tagging, face and smile detection.

Sayangnya, untuk pasar Indonesia ada perbedaan dari segi prosesor yang diusung. Sebenarnya HTC memproduksi dua tipe untuk HTC One S tersebut. Tipe pertama adalah smartphone HTC dengan prosesor Snapdragon S4  dan satunya lagi dengan prosesor Snapdragon S3. Di Indonesia kebagian produksi smartphone HTC One S dengan prosesor Snapdragon S3. Hal tersebut dilakukan karena pada prosesor Snapdragon S4 memiliki fitur jaringan LTE yang di Indonesia sendiri belum mendukung untuk jaringan tersebut. Untuk kecepatannya sendiri, prosesor Snapdragon S3 masih unggul dengan kecepatan 1,7 GHz, sedangkan prosesor Snapdragon S4 hanya memiliki kecepatan maksimal sekitar 1,5 GHz saja.

Spesifikasi HTC One S:

  • Jaringan: GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 HSDPA 900 / 1900 / 2100
  • Layar: Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors; 540 x 960 pixels, 4.3 inches (~256 ppi pixel density) Multitouch, Protection Corning Gorilla Glass, HTC Sense UI
  • Dimensi: 130,9 x 65 x 7,8 mm
  • Berat: 119,5 gram
  • Memori Internal: 16 GB, RAM 1 GB
  • Data: 3G HSDPA, HSUPA;
  • WLAN: Wi-Fi 802.11 b/g/n, DLNA, Wi-Fi hotspot
  • Kamera belakang: 8 MP, 3264×2448 pixels, autofocus, LED flash, Fitur: Simultaneous HD video and image recording, geo-tagging, face and smile detection
  • Kamera Depan: VGA
  • Baterai: Standard battery, Li-Po 1650 mAh
  • OS: Android OS, v4.0 (Ice Cream Sandwich)
  • CPU: Qualcomm Snapdragon S3 1,7 GHz dual core
  • GPU: Adreno 225
  • Fitur: Stereo FM radio with RDS, – Beats Audio – Active noise cancellation with dedicated mic – TV-out (via MHL A/V link) – SNS integration – Google Search, Maps, Gmail, YouTube, Calendar, Google Talk – Document viewer – Voice memo/dial – Predictive text input

Meskipun memiliki kekurangan, akan tetapi HTC One S tetap laris dipasar smartphone Indonesia. Smartphone tersebut dibanderol dengan harga sekitar 5,3 jutaan saja. Smartphone tersebut juga dapat menjadi referensi smartphone yang akan dimiliki oleh sobat pusat teknologi yang menginginkan smartphone dengan prosesor berkecepatan tinggi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *