Menghentikan Program Secara Paksa Di Terminal Linux

Hari ini saya akan membagikan tutorial sederhana tentang cara Menghentikan Program Secara Paksa Di Terminal Linux. Tak semua program yang berjalan di Os Linux bisa berlajan dengan lancar, Dan tidak jarang ada program di linux yang biasanya Freeze dan berhenti sendiri jadi kalau terpaksa harus menghentikan program nya dengan mengetikkan perintah di Terminal Linux.

Sedikit penjelasan saya tentang Terminal Linux, Terminal linux adalah salah satu komponen Os Linux yang sangat berguna untuk mengeksekusi sebuah perintah yang kita ketikkan. Untuk penjelasan lebih rincinya anda bisa mencari referensi di google/wikipedia karena disanalah sumber yang paling bisa di percaya dan merupakan salah satu sumber referensi online terbesar di dunia.

Cukup segitu saja penjelasan dari saya, selanjutnya saya akan memberikan tutorial tentang cara Menghentikan Program Secara Paksa Di Terminal Linux. Simak baik – baik tutorial di bawah ini dengan teliti dan jangan sampai ada satu pun tutorial yang terlewatkan.

  1. Buka aplikasi Terminal dan ketikkan perintah : Sudo Su. Tekan Enter dan kemudian masukkan password masing – masing.

    ketik di terminal sudo su
    ketik di terminal sudo su
  2. Selanjutnya kettikan : ps aux di Terminal Linux anda dan tekan Enter.
  3. Disana anda akan melihat barisan proses program yang sedang dijalankan pada Os Linux anda, Dan perhatikan barisan Kolom UID nya kemudian catatlah UID dari program tersebut.

    perhatikan UID dari program yang mau di kill paksa
    perhatikan UID dari program yang mau di kill paksa
  4. Kalau sudah di catat/ingat silahkan anda tuliskan perintah selanjutnya : Kill PID (PID adalah nomor program yang sudah anda catat/ingat tadi) lihat gambar di bawah ini biar lebih jelas.

    contoh kill 5534 (5534 mewakili pid fruho)
    contoh kill 5534 (5534 mewakili pid fruho)
  5. Tekan  ENTER .

Cukup mudah kan caranya, kalau anda mengikuti tutorial di atas dengan benar seharusnya anda sudah bisa dan berhasil dalam mempraktekkan tutorial ini. kalau kalian belum berhasil silahkan ulangi langkah mulai dari nomor 1-5 dan silahkan teliti sendiri. Atau jika ada salah satu tutorial kami yang tidak anda pahami anda bisa memberitahu kami lewat komentar di bawah postingan ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *