Penyebab dan Cara Mengatasi BBM Lemot atau Lambat di Android dan BlackBerry

Penyebab dan cara mengatasi BBM lemot atau lambat di Android dan BlackBerry, BBM (BlackBerry Messenger) merupakan salah satu aplikasi yang tergolong besar dan berat, dimana aplikasi BBM tersebut juga memakan cukup banyak sumber daya dari CPU dan memori RAM hp Anda, aplikasi yang sejenis seperti Whatsapp, Line, KakaoTalk, WeChat, dsb juga tidak jauh berbeda dengan BBM.

Kuncinya jika Anda ingin mengatasi BBM yang lambat itu bergantung pada bagaimana Anda menggunakan ponsel secara bijak, semakin banyak aplikasi yang terisntall dalam ponsel merupakan salah satu faktor yang membuat hp menjadi lemot, terutama aplikasi game dengan kualitas HD, 3D, dsb.

Post ini bukan merupakan uraian dari BBM lemot yang disebabkan oleh kualitas koneksi internet atau sinyal yang lemah, post ini merupakan penjelasan singkat secara umum yang membuat BBM menjadi lemot, bisa jadi dampak dari performa hardware yang menurun.

Berikut beberapa point utama penyebab BBM lemot/lambat:

  1. Lambat disebabkan karena signal jaringan operator atau operator.
  2. Lambat, delay, pending, dsb karena daya tangkap signal ponsel yang kurang bagus atau memang sudah melemah.
  3. Terlalu banyak aplikasi yang terinstall yang membuat kinerja ponsel menjadi sangat berat melebihi kapasitas ponsel itu sendiri terutama CPU dan Memori RAM, aplikasi yang berat seperti aplikasi jejaring sosial (misalnya FB, Google +1, Hangout, FB Messenger, dsb, Yahoo Messenger, WeChat, Line, KakaoTalk, dsb) aplikasi game dengan kualitas HD, 3D, dsb, juga aplikasi launcher 3D, live wallpaper, theme, dsb.
  4. Ponsel sudah berumur lebih dari 2 tahun keatas akan mengalami penurunan performa hardware, ponsel smartphone yang sudah dipakai dalam rentan waktu yang lama akan tidak bekerja secara maksimal lagi, hal seperti ini juga biasa terjadi pada komputer dan laptop.
  5. Terlalu banyak kontak BBM, group dan channel.

Dan berikut cara mengatasi BBM lemot yang cukup ampuh:

  1. Tidak memasang aplikasi terlalu banyak
  2. Berikan space kosong yang mencukupi pada memori RAM
  3. Menggunakan theme default
  4. Kurangi kontak, channel dan group yang anda ikuti
  5. Downgrade BBM ke versi yang lebih lama, misalnya versi 7
  6. HardReset kemudian hanya install aplikasi yang benar-benar dibutuhkan.

Beberapa posting berikut ini mungkin juga akan membantu Anda seperti Cara Mengatasi Blackberry Yang Lemot, Cara Mengatasi Samsung Galaxy Lemot, Cara Mengatasi Sony Xperia Android LemotSignal (sinyal) Blackberry hilangMelacak Blackberry yang hilang, Tips merawat Blackberry supaya awet semoga membantu.

49 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *